Kurikulum

Kurikulum

Melakukan pengembangan kurikulum dengan aspek inovasi kurikulum untuk dikedepankan, sehingga lulusan Fakultas Hukum (FH) UNIS memiliki peningkatan mutu kualitas dalam kelimuannya yang akan berdampak peningkatan daya serap lulusan di pasar kerja. Pembelajaran yang melibatkan masyarakat dan industry dengan menggunakan prinsip “link and match” agar tidak terjadi kesenjangan antara kebutuhan dan tersediannya Sumber Daya Manusia (SDM).

Program yang dijalankan pada tahun 2021 ini yang akan disusun dan perencanaan pada FH UNIS akan mampu melaksanakan program kampus merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pencapaian program kampus merdeka maka FH UNIS memiliki strategi dalam mewujudkan program Kampus Merdeka dengan mengikuti beberapa indikator Kinerja Utama (IKU) dari Kementrian dan Kebudayaan, diantaranya adalah:

  1. Mahasiswa melaksanakan magang di DU/DI tingkat Nasional
  2. Melakukan pembelajaran di kampus lain pada swasta atau negeri di tingkat Nasional yang telah melakukan MoU dengan UNIS
  3. Memberikan kesempatan kepada praktisi bersertifikasi nasional untuk mengajar di fakultas hukum
  4. Meningkatkan kreatifitas dan mengembangkan inovasi serta menumbuhkan berfikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran project yang dilakukan melalui e-learning
  5. Mendatangkan dan memberdayakan Visiting Profesor dari dalam dan luar negeri untuk mengembangkan dan memberikan bimbingan dalam Tridarma di fakultas hukum
  6. Menjalankan Perjanjian Kerjasama secara nyata dengan DU/DI dikawasan lokal, Regional dan Nasional

Program yang dijalankan untuk menjawab aspek Inovatif tersebut dengan melaksanakan program kampus merdeka merdeka belajar yang dicanangkan oleh kementrian dan tentunya sesuai dengan standar dari UNIS.

 

Penjaminan Mutu Akademik

Unit Penjaminan Mutu tingkat fakultas yang nantinya berkolaborasi dengan pihak LPM UNIS dimana gugus/unit ini mempunyai membantu pimpinan fakultas dalam hal penjaminan mutu akademik. Penjaminan mutu dimaksudkan untuk mempertahankan dan menjamin tingkat kualitas secara berkesinambungan aspek-aspek yang meliputi input, proses dan output.

Penjaminan mutu di FH UNIS masih dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu tingkat Universitas. Oleh karena itu selanjutnya, program yang dirancang di FH UNIS akan dilakukan setiap akhir perkuliahan semester ganjil dan/atau semester genap, FH UNIS melakukan evaluasi terhadap kualitas pengajaran staf akademik dengan memberikan kuesioner kepada setiap mahasiswa dan hasilnya digunakan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan metode perkuliahan. Kedua, monitoring dan evaluasi keaktifan mahasiswa. Kelangsungan mahasiswa dipantau dengan cara memonitor jumlah SKS dan IPK setiap mahasiswa per semester untuk menghindari tingginya tingkat drop-out, lama penyelesaian tugas akhir untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam proses penyusunan tugas akhir, IPK rata-rata mahasiswa per semester untuk mengetahui perkembangan prestasi mahasiswa dan peninjauan ulang kurikulum setiap tahun berdasarkan hasil tracer study.

Dari aspek output, FH UNIS akan mengukur kualitas lulusan dengan menghitung IPK rata-rata lulusan, lama menyelesaikan studi, mengetahui kesesuaian kemampuan dengan kebutuhan pengguna (daya serap pasar terhadap lulusan, gaji pertama, waktu tunggu yang dibutuhkan untuk memperoleh pekerjaan pertama).

Pelaksanaan penjaminan mutu FH UNIS ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan selalu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas FH UNIS. Peran Lembaga Jaminan Mutu (LPM) di tingkat Universitas diharapkan memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas Fakultas, terutama dalam hal panduan-panduan tertulis yang menjadi acuan penyelanggaraan fakultas yang baik.

Mata Kuliah